Jasa Pengeboran Geoteknik, jasa pengeboran air tanah bandung

Jasa Pengeboran Geoteknik (Soil Investigation)

Jasa Pengeboran Geoteknik (Geotechnical Engineer) Soil Investigation

Geoteknik disebut juga Soil Investigation merupakan cabang ilmu Teknik Sipil, yang diterapkan oleh jasa pengeboran geoteknik MITRA GEMILANG TEKNIK. Pada ilmu tersebut dibahas pembahasan tentang persoalan kekuatan tanah. Serta batuan juga ada hubungan dengan kekuatan menahan beban bangunan yang terdapat di lahan tersebut.

Pada intinya ilmu tersebut termasuk ilmu lama yang sejalan bersama dengan perubahan peradaban manusia. Mulai dari pembuatan bangunan piramid di Mesir, candi Borobudur sampai pembangunan gedung pencakar langit saat ini.

Jasa Pemboran Geoteknik

WHATSAPP CALL

Salah satu persoalan jasa pengeboran geoteknik yang menjadi sejarah adalah kemiringan menara Pisa di negara Italia. Yang sebabnya oleh karena tidak selaras penopang tanah di lahan tersebut pada menara Pisa itu. Secara ilmiah, cabang teknik sipil ini mempelajari lebih mendalam ilmu-ilmu:

Mekanika Tanah

Mekanika tanah adalah bagian dari ilmu geoteknik yang menjadi salah satu cabang dari ilmu teknik sipil. Pada tataran bahasa Inggris, mekanika tanah memiliki arti soil mechanics. Disebut juga  soil engineering dan dalam bahasa Jerman yakni Bodenmechanik.

Pada istilah mekanika tanah di paten pada tahun 1925 oleh Karl von Terzaghi. Dalam bukunya “Erdbaumechanik auf bodenphysikalicher Grundlage” (Mekanika Tanah mendasar dengan Sifat-Sifat Dasar Fisik Tanah). Didalamnya membahas tentang prinsip-prinsip dasar ilmu mekanika tanah modern. Kemudian menjadi dasar studi-studi lanjutan ilmu tersebut, sehingga “Bapak Mekanika Tanah” disandang oleh Terzaghi.

Silahkan baca juga : Jasa Inspeksi NDT (Non Destructive Testing)

Mekanika Batuan

Mekanika batuan yaitu ilmu teoretis dan ilmu terapan daripada pola mekanik batuan dan berat batuan. Dalam ilmu geologi, mekanika batuan yang mengulas mengenai respons batuan dan berat batuan pada medan gaya di lingkungan tersebut.

Mekanika batuan adalah bagian dari subjek yang lebih umum, yakni geomekanika. Ilmu itu mengulas perihal respon mekanik dari berbagai material geologi, termasuk tanah. Seperti yang diusung di ilmu geologi teknik, perminyakan, pertambangan, dan praktik teknik sipil. Memperhatikan penerapan prinsip-prinsip mekanika buatan pada desain struktur batuan. Yang diakibatkan oleh pengeboran, produksi waduk, pertambangan atau kegiatan konstruksi sipil.

Misalnya penggalian bawah tanah, tambang terbuka, pembangunan terowongan, lubang tambang. Contoh lainnya seperti sumur minyak dan gas, pemotongan jalan, repositori limbah, dan struktur lainnya dari batuan. Sumber: wikipedia

Silahkan baca juga : Jasa Pengeboran Sumur Bandung

Langkah-Langkah Jasa Pengeboran Geoteknik

  • Dimulai dengan menentukan titik lokasi pengeboran, untuk proyek tersebut dilakukan di daerah longsoran.
  • Menyimpan mesin bor pada titik pengeboran dengan posisi datar.
  • Membuat tripod pada lokasi pengeboran tersebut, lalu atur posisi hoisting tepat di atas spindle.
  • Masukan stang bor pada spindle, lalu pada bagian bawah disambung head-core barrel-mata bor.
  • Hidupkan mesin pengeboran dan lakukan pengeboran inti (coring) dengan kedalaman 50 cm.
  • Rangkaian selanjutnya diangkat untuk diambil sampel dari dalam core barrel oleh jasa pengeboran geoteknik.
  • Lepaskan core barrel berikut head dan mata bor dari stang bor. Namun biar stang bor berada pada spindle.
  • Simpan core barrel pada atas tempat pengeluaran sampel.
  • Pasang water swivel pada core-barrel head. Lalu keran air dalam keadaan terbuka agar menekan sampel (core) keluar dari core barrel.
  • Sesudah sampel dikeluarkan, pasang ulang mata bor di core barrel. Setelah itu dipompa air biar sampel yang ada di mata bor dapat dikeluarkan.
  • Masukkan sampel tadi ke dalam plastik sampel. Kemudian ikat kedua ujung agar sampel tak banyak kontak dengan udara.
  • Sampel yang telah di plastik, lalu diletakkan pada core box sesuai dengan kedalaman dari sampel itu diambil uji SPT ke-1
  • Lalu pasang tabung SPT di stang bor yang telah ada pada spindle. Kemudian masukkan rangkaian itu pada lubang bor dengan memutar stang spindle.

Metode Pengeboran Geoteknik (Soil Investigation)

Terdapat beberapa metode pelaksanaan dalam pekerjaan soil investigation. Metode tersebut ditentukan oleh faktor berikut dibawah ini :

  • Karakter tanah seperti topografi, sifat permukaan tanah dan air permukaan.
  • Bangunan yang telah ada atau karakter struktur bangunan lain di sekitarnya.
  • Jenis alam atau tanah.
  • Jenis pembebanan bangunan.
  • Ketersediaan peralatan dan biaya personal dari metode yang akan dipilih.
  • Ketersediaan pasokan air.
  • Ukuran atau besaran kontrak.
  • Jenis pondasi yang diusulkan.
  • Jenis contoh atau sampel yang dibutuhkan.
  • Jenis lapisan bawah tanah (subsoil) yang mungkin ditemui.

Metode soil investigation yang umum dilakukan adalah: inspection, test pits, probing, boring, jasa pengeboran geoteknik.

Jasa Pemboran Geoteknik Soil Investigation

WHATSAPP CALL

Inspection atau inspeksi. Di beberapa tempat Anda tidak harus menyelidiki banyak. Anda akan mendapatkan cukup data untuk merancang fondasi bangunan yang diusulkan dengan hanya memeriksa plot. Metode soil investigation ini termasuk mengetahui kondisi geologi dari plot. Mendapatkan data tentang bangunan di sebelahnya, jenis pondasi dan kedalaman, dll. Itulah beberapa metode yang dijalankan oleh jasa pengeboran geoteknik, atau disebut juga soil investigasi.

Sejarah Geoteknik

Orang-orang sudah memakai tanah sebagai bahan dalam mengendalikan banjir, irigasi, pondasi bangunan, pemakaman. Selain itu sebagai bahan baku bangunan, seperti batu bata, paving block, dinding dan lain-lain. Kegiatan pertama yang menyangkut dengan penggunaan kanal dan bendungan untuk pengendalian banjir irigasi.

Hal tersebut dilaksanakan setidaknya semenjak tahun 2000 sebelum masehi di Mesir Kuno, Mesopotamia, dan kawasan Hilal Subur. Serta di Harappa , Mohenjo Daro dan di Lembah Sungai Indus. Sampai abad ke-18, tak ada landasan ilmiah yang tercantum tentang konstruksi itu. Lebih sering ada pada ranah seni dibanding sains. Keahlian membangun diwariskan dari generasi ke generasi melewati guild mason atau perkumpulan para tukang batu.

Perihal terkait pondasi yang paling dikenal yakni Menara Miring Pisa. Di tahun 1717, Henri Gautier, insinyur di kerajaan Prancis memperoleh adanya jenis tanah yang beda dan menjadi pondasi Menara Pisa. Itulah yang menjadi sebab perbedaan tekanan tanah dengan lateral.

menara pisa itali

Jasa Soil Investigasi Pengeboran Geoteknik

Layanan geoteknis melibatkan pengeboran eksplorasi di kombinasi dengan pengujian dan pemasangan instrumentasi. Bertujuan untuk menentukan karakteristik tanah di bawah permukaan untuk keperluan pembangunan infrastruktur. Tidak terbatas pada; kelayakan atau peningkatan penyimpanan tailing, investigasi penyelarasan pipa, investigasi.

Peningkatan kelayakan bendungan hidro-listrik, evaluasi jaringan jalan, fasilitas LNG dan desain konstruksi / pondasi bangunan. Pada 2016 Geotech juga memiliki kemampuan untuk mengebor lepas pantai dengan sistem tongkang dan bor. Metode ini telah berhasil pada banyak investigasi fasilitas LNG dekat pantai (laut).

Silahkan baca juga : Jasa Pengeboran Inti

Banyak perusahaan pertambangan, konsultasi, konstruksi, dan utilitas, mengontrak jasa pengeboran Geoteknik. Hal tersebut bertujuan untuk menyelesaikan penyelidikan bawah permukaan untuk mengevaluasi properti mereka. Tidak seperti pengeboran eksplorasi, proyek geoteknik berfokus pada karakteristik dan struktur bawah permukaan.

WHATSAPP CALL

2 thoughts on “Jasa Pengeboran Geoteknik (Soil Investigation)

Comments are closed.