jasa pemboran inti

Jasa Pemboran Inti

Jasa Pemboran Inti (Core Drilling)

Jasa pemboran inti (Intan Mulia Drilling) menggunakan dua metode, diantaranya yakni full coring dan touch coring. Pemboran full coring yaitu satu metode pemboran untuk mengambil semua inti bor permukaan sampai kedalam. Sementara pemboran touch coring adalah metode pemboran yang berpadu antara metode pemboran inti dan pemboran lubang terbuka. Metode touch coring memiliki fungsi untuk memperoleh target sampel litologi yang sudah ditentukan kedalamannya atau batu bara.

Umumnya, jasa pemboran geoteknik memakai metode pemboran full coring. Kemudian, sampel geoteknik perlu segera ditangani pada lokasi pemboran. Sampel tersebut harus sesegera mungkin dibawa ke lab, dan sedapat mungkin pada keadaan yang sama kondisinya saat sampel inti bor. Seperti ketika pertama diangkat dari core barrel di saat pemboran dilakukan. Harus dipastikan sampel geoteknik terbungkus plastik wrap dengan aman. Hal tersebut bertujuan agar terjaga dan terhindar dari benturan selama proses pengiriman ke laboratorium.

jasa pemboran inti

WHATSAPP CALL

Alat-Alat Pemboran Inti

  • Mesin Bor

Mesin bor yang umumnya digunakan dalam jasa pemboran inti yaitu mesin bor putar (rotary drilling). Yakni mesin bor yang bisa memutar pipa bor dengan kecepatan yang bisa di atur dan juga dapat memberikan tekanan.

Menurut sistem kerja mesin bor putar dapat digolongkan jadi 3 jenis, yakni diantaranya :

  1. Mesin bor putar sistem meja putar ( rotary table). Sistem ini pada rangkaian pipa bor diputar oleh meja putar dengan perantara Kelly.
  2. Mesin bor putar sistem spindle hidraulls. Mesin bor ini tekanan dan putaran pipa bor diatur oleh sistem hidraulis yang ada di sistem unit mesin. Proses pemboran dipengaruhi oleh panjang spindle (Kelly) yang biasanya memiliki ukuran antara 600 mm hingga 1.000 mm.
  3. Mesin bor putar tipe top drive. Unit pemutar pipa bor naik turun yang terdapat di menara bor. Power tersebut berawal dari unit transmisi hidraulis yang digerakkan oleh pompa hidraulis.
  • Pompa Air untuk Pemboran

Fungsi pompa air dalam pemboran yaitu untuk mengalirkan air pembilas bak air pada lubang bor bagian dalam. Air pembilas dipompa melewati water swivel, selang, pipa bor serta mata bor ke dalam lubang bor. Lalu naik kembali ke bak penampung berikut serbuk bor (cutting). Fungsi yang lain dari air pembilas adalah mendinginkan mata bor dan menjadi pelumas pipa bor yang terdapat pada lubang bor.

Silahkan baca juga : Jasa Pengeboran Sumur Bandung

Terdapat 2 jenis pompa yang biasanya digunakan dalam jasa pemboran inti, pompa jenis centrifugal dan recriprocatting (piston). Besarnya aliran air di pompa centrifugal bergantung pada kecepatan putaran baling-baling (impeller). Pompa centrifugal cocok untuk tekanan rendah dan volume air besar. Sementara pompa jenis piston lebih cocok untuk tekanan yang lebih tinggi dan volume air yang kecil. Pompa jenis piston sering digunakan dalam jasa pemboran. Pompa jenis recripocating terdapat 1 silinder(simplex) dan 2 silinder (duplex), juga 3 silinder(triplex). Sistem kerjanya yaitu isap dan tekan. Dengan begitu jenis pompa centrifugal memiliki tekanan yang lebih rendah jika dibanding pompa recripocating.

jasa pemboran inti pompa air

  • Menara Pemboran

Fungsi menara pemboran yaitu untuk memperoleh ruang vertical yang cukup. Untuk menaikkan dan menurunkan pipa bor tabung inti dan casing pada lubang bor. Oleh sebab itu tinggi dan kekuatannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan pemboran.

Jumlah kaki menara pemboran pada dasarnya dibagi dalam 3 macam yang diantaranya :

  1. Menara Kaki Tunggal (single pole). Menara kaki tunggal terdiri dari satu tiang yang dibuat dari pipa baja, baik dengan atau tanpa sambungan. Menara kaki tunggal umumnya telah dipasang menjadi satu dengan mesin bor. Dalam mendirikan menara tersebut bisa memakai baja atau silinder hydroulis yang terdapat di mesin bor itu sendiri.
  2. Menara Bor Kaki 3 (Tripod). Menara bor kaki tiga terbuat dari tiga tiang yang salah satu tiang memiliki bentuk seperti tangga. Yang berfungsi untuk mendukung keperluan dalam jasa pemboran inti. Tiang menara bor tersebut dibuat dari pipa dengan diameter 3 inci dengan ukuran panjang 9 meter. Di antara tiang itu sesudah berdiri pipa-pipa yang memperkokoh yang dipasang melintang. Menara tersebut dapat mendukung pemboran inti dengan ukuran panjang pipa bor sampai 6 meter.
  3. Menara kaki empat. Jenis menara ini tak bisa didirikan dengan satu unit saja, cara mendirikannya disambung satu-persatu perbagian. Begitu pula jika memindahkan harus melepas lalu memasang kembali bagian-bagian itu. Menara berkaki empat, sering dipakai untuk pemboran inti yang memerlukan ruangan lapang. Hal itu bertujuan untuk memposisikan pipa-pipa dan beban yang berat lainnya. Menara tersebut dibekali dengan platform yang posisinya ditengah menara. Kegunaannya adalah untuk :
    – Tempat kerja dan mendukung pemboran.
    – Tempat menyandarkan pipa-pipa bor.

menara jasa pemboran inti

  • Pipa Bor

Pipa bor yang digunakan jasa pemboran inti terdapat dua macam, yakni :

  • Pipa bor konvensional

Pipa bor konvensional ini terdiri dari pipa baja, yang kemudian disambung pada coupling. Dalam jasa pemboran inti, ujung bawah pipa bor disambung ke core barrel, mata bor, dan reaming shell.

Fungsi pipa bor diantaranya yaitu :

  • Meneruskan putaran jugan tekanan mesin bor pada mata bor.
  • Meneruskan aliran air pembilas dari pompa pada mata bor.
  • Memungkinkan proses naik turunnya untuk mata bor.

Pada jasa pemboran inti dikenal namanya standar Ax, Bx, Nx, dan sebagainya. Standar tersebut sebenarnya tak hanya pada pipa bor saja, namun untuk mata bor, core barrel, dan pipa casing.

Standar ukuran ada dua macam, yaitu sebagai berikut. Standar DCDMA (Diamond Core Drill Manufactures Association), yang dibuat oleh Amerika dan standar Metric (Eropa). Itu dibuat oleh seorang Insinyur Swedia, yaitu P.A Craelius.2. Pipa bor wire line.

pipa pemboran inti

  • Pipa Wireline

Pipa bor wire line yang biasa digunakan oleh jasa pemboran inti terbuat dari campuran baja yang tipis. Dengan bentuk tabung tanpa alat penyambung ( coupling ). Di kedua ujung terdapat ulir, yang terdiri atas ulir dalam dan ulir luar.

  • Tabung Penginti

Tabung penginti merupakan bagian terpenting dalam jasa pemboran inti. Tugas utamanya ialah menangkap inti (core) dari hasil pemboran dan mengangkat ke permukaan. Dari inti itu bisa disimpulkan susunan lapisan batuan pada bawah permukaan tanah dan diketahui sifat-sifatnya. Untuk kepentingan eksplorasi pertambangan, mata bor bisa untuk mengetahui ada dan tidaknya bahan-bahan tambang di sebuah tempat. Selain itu juga nilai ekonomi bahan tambang yang terdapat disitu.

Tabung penginti memiliki ukuran panjang 3,0 meter, 2,0 meter, juga 0,5 meter. Yang akhir ini dimanfaatkan untuk pemboran awal. Core barrel dibekali dengan tabung reaming shell yang terpasang antara tabung luar core barrel dan mata bor. Kemudian di bagian luar dari tabung reaming shell dilengkapi berlian dengan melingkar oleh jasa pemboran inti.

tabung pengeboran inti

WHATSAPP CALL

One thought on “Jasa Pemboran Inti

Comments are closed.