Jasa inspeksi NDT 1

Jasa Inspeksi NDT

Jasa Inspeksi NDT merupakan jasa profesional yang ditangani tenaga ahli di bidangnya. NDT sendiri memiliki kepanjangan Non Destructive Test, biasa disebut juga uji tanpa rusak. Aktivitas inspeksi pada sebuah benda untuk mengetahui terdapat retak, cacat, atau lain tanpa merusak benda tersebut yang kita inspeksi. Biasanya, tes tersebut dilakukan agar dapat menjamin material yang digunakan aman dan tidak melewati toleransi rusak. Pada material pesawat diupayakan optimal agar tak mengalami kegagalan selama masa pemakaiannya. Inspeksi NDT melalui proses paling sedikit dua kali.

Beberapa metode NDT yang sering dipakai yakni pengujian arus magnetic-particle, eddy-current, liquid penetrant, ultrasonic, radiographic, dan visual. NDT biasanya dimanfaatkan untuk rekayasa forensik, teknik perminyakan, teknik mesin, teknik elektro, teknik sistem, teknik sipil, teknik penerbangan, kedokteran, dll.

Jasa Inspeksi NDT kali ini menawarkan beragam Pengujian dan Inspeksi Non-Merusak, baik di dalam juga di luar negeri. Perusahaan jasa inspeksi NDT kami didukung oleh teknisi dan peralatan terbaru. Yang bisa digunakan untuk menyajikan layanan pengujian yang tak merusak untuk beragam aset. Misal jaringan pipa, bejana tekan, penukar panas, tangki penyimpanan, tabung kondensor, kolom proses dan tabung ketel.

Jasa inspeksi NDT 1

WHATSAPP CALL

 

Jenis Jasa Inspeksi NDT Yang Kami Dapat Layani

Ultrasonic Testing

Ultrasonic Testing (UT) dapat digunakan untuk mendeteksi kekurangan permukaan dan kekurangan internal. Pada material yang biasanya baja, logam dan paduan lainnya. Aplikasi UT dapat berkisar dari ketebalan material dan pemantauan korosi, untuk menemukan cacat sub-permukaan. Pada lasan, tuang dan produk tempa, menjadikan UT metode NDT yang paling populer tersedia. Teknik ini juga bisa digunakan untuk menentukan ketebalan dinding pipa, tangki dan untuk memantau korosi internal, semua dari permukaan luar.

jasa inspeksi ndt radiographic

Magnetic Particle Inspection

Pemeriksaan Partikel Magnetik “MPI” (juga dikenal sebagai Magnetic Testing “MT”). Digunakan untuk mendeteksi permukaan dan kekurangan permukaan dekat (seperti retak) pada bahan feromagnetik mis. baja dan besi. Adanya permukaan atau permukaan dekat diskontinuitas menyebabkan fluks magnetik untuk mendistorsi atau bocor. Partikel magnetik halus (baik kering atau tersuspensi dalam cairan pembawa) diterapkan pada permukaan benda yang diuji. Partikel magnetik ini tertarik pada daerah distorsi fluks atau kebocoran sehingga menimbulkan indikasi yang jelas bagi operator. Medan magnet dapat diterapkan pada benda yang diuji dengan magnetisasi langsung atau magnetisasi langsung.

Jasa inspeksi NDT magnetic test

Dye Penetrant Inspection

Dye Penetrant Inspection “DPI” (juga dikenal sebagai Pengujian Penetran “PT” atau Liquid Penetrant Inspection “LPI”). Digunakan jasa inspeksi NDT untuk mendeteksi kerusakan permukaan pada semua bahan besi dan non-ferrous non-berpori. Dari berbagai ukuran seperti logam, plastik dan keramik. Aplikasi tipikal akan dipalsukan, dilemparkan atau dilas produk yang rentan terhadap retak dan kelemahan permukaan lainnya. Atau bila Pemeriksaan Partikel Magnetik tidak praktis untuk alasan seperti jenis material atau geometri kompleks.

Jasa inspeksi NDT liquid

Radiographic Testing

Pengujian Radiografi (RT) dapat digunakan untuk mendeteksi kelemahan tersembunyi pada benda padat dan memerlukan sinar x atau sinar gamma. Salah satu sumber radiasi pengion diposisikan di satu sisi item, yang diperiksa dan film fotografi ditempatkan berdekatan di sisi lain. Radiasi sebagian diserap selama transmisi dan perbedaan ketebalan material. Selain itu pada kualitas penyerapan dicatat pada film yang memberikan gambar ukuran penuh yang menunjukkan detail internal. Manfaat utama radiografi adalah metode ini memberikan metode non-destruktif untuk mendeteksi kekurangan tersembunyi dan memberikan rekaman permanen dalam bentuk radiographic.

jasa inspeksi ndt radiographic 1

Hardness Testing

Pengujian Kekerasan (HT) dapat digunakan untuk mengukur kekerasan bahan untuk membantu pemilihan material / penerimaan dan pengujian produksi. Bentuk uji kekerasan yang paling umum melibatkan prinsip Leeb Rebound dimana nilai kekerasan. Berasal dari kehilangan energi dari benda uji yang ditentukan setelah berdampak pada permukaan komponen yang diuji. Umumnya ujung uji bola dalam alat penguat di permukaan uji dan rebound, lebih cepat dari sampel uji yang lebih keras.

jasa inspeksi ndt hardness test

Visual Inspection

Visual Testing (VT) juga dikenal sebagai Inspeksi Visual, adalah metode inspeksi NDT yang digunakan secara ekstensif. Berfungsi untuk mengevaluasi kondisi atau kualitas suatu barang. Hal ini mudah dilakukan, murah dan biasanya tidak memerlukan peralatan khusus. Pengujian Visual dapat dilakukan dengan mata sendiri atau dapat ditingkatkan dengan penggunaan sistem optik seperti magnifiers dan mikroskop.

Inspeksi visual harus dilakukan di lingkungan yang bersih dan nyaman dengan penerangan yang memadai. Harus ada akses ke bagian-bagian yang akan diperiksa dan perhatian harus diberikan pada keselamatan, posisi kerja, dan kondisi atmosfer. Potongan uji harus bersih dan bebas dari lapisan pelindung.

Jasa inspeksi NDT visual

Drone Inspection

Dengan kemampuan untuk melakukan inspeksi visual dari udara memiliki keuntungan. Yang jelas untuk mengurangi secara drastis jumlah tim Perancah yang diperlukan atau masalah akses mahal lainnya. Dan dapat mengurangi risiko keselamatan bagi para Inspektur. Pada jasa inspeksi NDT drone inspection dapat menyediakan gambar definisi tinggi real-time dari area yang tidak memiliki akses.

Pencitraan termal dapat mendeteksi kerusakan isolasi dan lagging yang hanya bisa di deteksi oleh udara dan daftarnya terus berlanjut. Inspeksi drone dapat diterapkan sebagai pengukuran pra usaha sebelum pekerjaan sebenarnya diterapkan baik untuk situs darat maupun lepas pantai. Cocok untuk pemantauan pipa, pengawasan fasilitas, riser lepas pantai dan zona percikan, pemeriksaan ujung suar siang hari dan malam hari.

Jasa inspeksi NDT drone

Sejarah Uji Tanpa Rusak (NDT)

Pengujian tak rusak telah dipraktekkan selama beberapa dekade, dengan perkembangan pesat awal di instrumentasi. Didorong oleh kemajuan teknologi yang terjadi selama Perang Dunia II dan upaya pertahanan berikutnya. Selama hari-hari sebelumnya, tujuan utama adalah deteksi cacat. Sebagai bagian dari “desain hidup aman”, ini dimaksudkan bahwa struktur tidak harus mengembangkan cacat makroskopis selama hidupnya.

Dengan deteksi kerusakan tersebut menjadi penyebab untuk memindahkan komponen dari layanan. Sebagai respon terhadap kebutuhan ini, semakin canggih teknik menggunakan beberapa cara. Diantaranya ultrasonik, arus eddy, x-ray, penetrant pewarna, partikel magnetik, dan menginterogasi bentuk lain dari energi muncul.

Permulaan Adanya Jasa Inspeksi NDT

Pada awal 1970, dua peristiwa terjadi yang menyebabkan perubahan besar dalam bidang jasa inspeksi NDT. Pertama, perbaikan dalam teknologi menyebabkan kemampuan untuk mendeteksi kesalahan kecil. Yang menyebabkan lebih banyak bagian harus ditolak meskipun probabilitas kegagalan komponen tidak berubah. Namun, disiplin mekanika fraktur muncul, yang memungkinkan seseorang untuk memprediksi. Apakah retak ukuran tertentu akan gagal di bawah beban tertentu ketika fraktur suatu benda ketangguhan diketahui.

Hukum lain dikembangkan untuk memprediksi tingkat pertumbuhan retak beban siklik (kelelahan). Dengan munculnya alat ini, itu menjadi mungkin untuk menerima struktur mengandung cacat jika ukuran cacat diketahui. Hal ini membentuk dasar untuk filsafat baru “toleran kerusakan” desain. Komponen dikenal memiliki cacat bisa terus dalam pelayanan selama itu dapat ditentukan tidak akan tumbuh sampai ukuran kritis, kegagalan produksi.

Sebuah tantangan baru dengan demikian disajikan, yaitu jasa inspeksi NDT. Deteksi tidak cukup. Satu dibutuhkan untuk juga mendapatkan informasi kuantitatif tentang ukuran cacat. Jasa untuk melayani sebagai masukan untuk patah mekanika prediksi berdasarkan hidup yang tersisa. Kebutuhan informasi kuantitatif terutama kuat di bidang pertahanan dan industri tenaga nuklir dan menyebabkan munculnya evaluasi tak rusak kuantitatif (QNDE). Sejumlah program penelitian di seluruh dunia dimulai, seperti Pusat Evaluasi tak rusak di Iowa State University. Tumbuh keluar dari upaya penelitian besar di Rockwell International Science Center. Electric Power Research Institute di Charlotte, North Carolina, sedangkan Fraunhofer Institute for Testing tak rusak di Saarbrucken, Jerman. Dan pusat pengujian jasa inspeksi NDT di Harwell, Inggris.

WHATSAPP CALL

Summary
NDT
User Rating
5 based on 4 votes
Service Type
NDT
Provider Name
DPI, Telephone No.081381818030
Area
Indonesia
Description
Jasa Inspeksi NDT (non Destrcutive Test) Perusahaan Inspeksi Indonesia Berpengalaman Berbagai Bidang Inspeksi Oil & Gas, etc.